Mahasiswa KKN UNSOED Adakan Sosialisasi Budidaya Azolla Di Balai Desa Bongas

Pemateri sedang menyampaikan materi Soialisasi Bididaya Azolla. Foto oleh Andi Hakim
Pemateri sedang menyampaikan materi Soialisasi Budidaya Azolla. Foto oleh Andi Hakim

 

Kepala Desa Bongas Ali Imron menyambut baik acara Sosialisasi Budidaya Azolla yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UNSOED. Foto oleh Andi Hakim
Kepala Desa Bongas Ali Imron menyambut baik acara Sosialisasi Budidaya Azolla yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UNSOED. Foto oleh Andi Hakim

Warga Bongas mengikuti Sosialisasi Budidaya Azolla yang diadakan oleh Mahasiswa KKN UNSOED (Universitas Jenderal Soedirman) di Balai Desa Bongas. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu (28/01), dibuka oleh Ali Imron selaku Kepala Desa Bongas dan dilanjutkan oleh M Rizky Oktavianto selaku Koordinator Mahasiswa KKN desa Bongas dan pemateri pada kegiatan tersebut.

“Bila masyarakat mau membudidayakan Azolla, akan sangat membantu dan meringankan dalam hal konsumsi ternak baik unggas atau hewan lainnya seperti sapi, kerbau karena proses tanam dan perkembangbiakan yang sangat cepat hanya butuh waktu 20 hari sudah bisa dipanen, dan pembibitan benih cukup 1 kali karena seterusnya bisa dikembangbiakan.” tutur Ali Imron, Kades Bongas.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.30 WIB di ruang aula Balai Desa Bongas. Kegiatan tersebut dihadiri oleh tim KKN UNSOED sebagai pemateri dan warga Bongas sebagai peserta. Peserta diberikan penjelasan mengenai manfaat Azolla dan bagaimana cara membudidayakannya. Acara tersebut diikuti oleh warga Bongas sebanyak 62 orang dan berlangsung dalam suasana santai serta diskusi hangat antara peserta dengan rekan-rekan mahasiswa KKN UNSOED. Dalam sambutanya Kepala Desa Bongas menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut dan berharap warga Bongas bisa menerapkan apa yang disampaikan oleh rekan-rekan mahasiswa KKN UNSOED.

Tanaman Azolla sendiri memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya sebagai pakan ternak (ayam, bebek, entog, kambing, sapi, dsb), pupuk hijau, serta tanaman hias. Tanaman Azolla memiliki potensi yang sangat besar dikarenakan modalnya yang cukup murah, dan cara budidayanya yang mudah. Sehingga Tanaman Azolla cocok untuk di budidayakan untuk keperluan rumahan. Selain itu Tanaman Azolla juga memiliki potensi besar sebagai Tanaman Hias, terlebih di daerah perkotaan sudah banyak yang menggunakannya dalam jumlah banyak sebagai hiasan. Karena itu Tanaman Azolla memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan perekonomian, dan memenuhi kebutuhan ternak para warga.” ujar M Rizky.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *